1. Home
  2. Magazine
  3. Story
Story

How to be a DJ - Part 1

By Zifky Lendy
on Thu 15 Oct 2015

Hello IC Friends!!

Kali ini kita pengen kasih tau nih untuk kalian yang pengen banget jadi seorang DJ atau yang pengen belajar nge-DJ, kalian harus perhatiin dulu apa aja sih yang harus disiapkan untuk jadi seorang DJ. Sebelumnya kalian harus tau dulu nih, sebelum jadi seorang DJ profesional. Kalian harus tau untuk apa kalian belajar DJ, apa untuk kesenangan aja atau untuk profesi kedepannya. Karena engga sedikit loh budget yang kalian harus keluarin untuk les privat DJ ini.

Udah yo kita simak apa aja sih yang harus kalian perhatikan untuk menjadi seorang DJ. Kali ini kita langsung mengambil ilmu dari beberapa pengajar hebat yang ada di Jakarta. Antara lain dari Spinach DJ School, RDJ Indonesia, Dopespinner, Madja.

Spinach DJ School (DJ Daru)

DJ Daru (Spinach Dj School)
Kalian harus ngerti dulu tentang musik dan elo harus ada niat kuat untuk jadi seorang DJ.

Jika kalian sudah ngerti tentang music selanjutnya kalian harus ngerti alat-alat apa saja yang digunakan. Contohnya kalian harus mengerti apa itu CDJ, Mixer, Turntable, Headphone dan Monitor. Ngga gampang lho jadi DJ, soalnya dari alat-alat saja kalian sudah cukup banyak yang harus dipelajari. Belum lagi kalian harus punya niat yang kuat karena belajar jadi DJ ngga cuma sehari-dua hari tapi tahunan sampai mahir banget menggunakan peralatannya tanpa ada "kecelakaan" - yang sering kejadian, DJ-DJ baru lagi tampil di club tiba-tiba salah satu alatnya mati sehingga musik pun mati total. Ngga lucu kan kalo kejadian seperti itu??

RDJ Indonesia (DJ Vendart)

DJ Vendart (RDJ Indonesia)
Yang pasti sih niat, pergaulan, tenaga, waktu dan materi.

Kalau jaman dulu pasti kalian pernah dengar atau bahkan sampai sekarang masih memainkan salah satu alat untuk DJ yaitu piringan hitam atau sering orang bilang plat vinyl / Turntable - nah itu susah banget lho untuk menguasai vinyl dan Turntable sampai bener-bener level master, udah gitu peralatannya sangat mahal. Tetapi sekarang kalian bisa menggunakan flashdiskyang harganya jauh lebih murah untuk awal belajar DJing, yang biasanya harus beli sendiri adalahHeadphone saja.

Tapi tetap aja, selain niat, kalian juga harus banyak-banyak gaul sama sesama DJ, sering hangout bareng, keluar malam, menghabiskan waktu mendengarkan musik dan terakhir tentunya harus modal materi lah karena alat-alatnya ngga murah.

Dopespinner (DJ Sonny)

DJ Sonny (Dopespinner)
Kalian harus niat dulu untuk jadi seorang DJ, intinya untuk jadi seorang DJ kalian harus tau mau gimana ke depannya. Mau hanya cuma bisa buat iseng-iseng aja atau mau serius jadi profesi, kemudian yang kedua ada dedikasi.

Kalau dulu-dulu proses belajar DJing malah lebih lama lagi. Sekarang sih tinggal go show yourself di sekolah DJ, pake flashdisk sudah bisa belajar lewat Controller dengan bantuan PC / Macbook Pro.

Madja / Markas DJ Academy (DJ Venom C)

DJ Venom C (Madja)
Awalnya kalian engga usah beli equipment dulu, kalian hanya perlu mental dan niat dulu untuk jadi seorang DJ. Ibaratnya, mau dosennya siapapun kalo dari diri sendiri mental dan niatnya engga siap sama aja bohong.

Sering-sering dengerin segala genre musik dan kalian harus menentukan sendiri genre apa yang akan kalian dalami. Yang jelas sih ngapain keluar duit banyak tau-tau 2 minggu les DJ terus kalian bosen, nah memang niatnya dulu deh yang harus diperkuat.

So, what does it take to be a DJ?

So guys, kunci utama untuk jadi seorang DJ itu ada pada NIAT kalian. Pertama, tanyakan ke diri sendiri lo mau jadi apa setelah bisa nge-DJ, mau dijadikan sebagai profesi atau sekedar hobi. Setelah itu cari tahu tentang peralatan DJ apa saja sih yang ingin kalian dioperasikan nantinya.

Nah, kalian udah tau kan apa aja yang harus disiapkan untuk jadi seorang DJ. Nah, di artikel berikutnya kita akan ulas lebih mendalam lagi nih tentang DJ School yang ada di Jakarta. Indoclubbing Crew sempat diberikan kursus kilat oleh para DJ jagoan dari DJ Schools di atas loh. Tunggu Part 2-nya ya...coming soon!

COMMENTS

ARTISTS RELATED

-

Venom C

3.5K Hits
-

Daru

594 Hits
-

Vendart Aryadi

771 Hits
-

Sonny

591 Hits

RELATED ARTICLES

Guide
Sun 20 Dec 2015

DJ School Guide - Spinach (Jakarta)

DJ school milik Riri Mestica, sang DJ legendaris.
12 shared tags
Guide
Thu 17 Dec 2015

DJ School Guide - Dopespinners (Jakarta)

Dopespinners DJ School
7 shared tags
Guide
Sun 6 Dec 2015

DJ School Guide - Madja (Jakarta)

Madja DJ School
7 shared tags
Guide
Sun 13 Dec 2015

DJ School Guide - RDJ Indonesia (Jakarta)

Review dan belajar ngeDJ di Rumah DJ (RDJ School)
7 shared tags
Listing
Sun 6 Mar 2016

Indonesian Legendary DJs

Ini beberapa Legend DJ yang ada di Indonesia!
4 shared tags
Story
Sat 22 Jul 2017

Event Organizers in Indonesia - Part 10 - Spinach

More about Spinach Records - salah satu EO dan label tertua di Indonesia.
4 shared tags
Interview
Mon 27 Nov 2006

DJ Interview - Riri Mestica (Indonesia)

3 shared tags
Interview
Thu 1 Mar 2007

DJ Interview - Ferre (Indonesia)

3 shared tags
Bio
Wed 10 Oct 2007

DJ Biography - DJ Naro (Indonesia)

3 shared tags
Press Release
Mon 9 Apr 2012

LA Menthol Lights Sayfestville, festival pop kaum urban

3 shared tags
Bio
Tue 10 Apr 2012

DJ Biography - LTN Louis Tan (Indonesia)

3 shared tags

STATS

RANK
HITS
2.1K
HITS
Story - How to be a DJ - Part 1